Jumat, 10 Juli 2009

niat baik tak selamamya berbuah hasil
















disuatu pagi diakhir bulan juni..
dari jl haryono mt cawang atas aku menuju jatinegara dengan menggunakan bus jurusan pulo gadung..
udara jakarta pagi itu cukup segar, sehingga membuat oksigen mengalir lancar di pembuluh darahku..menyegarkan otakku untuk memulai hari dengan bersyukur dan berpikir positif..aku merasakan seluruh tubuhku segar, senyumpun terkembang di bibirku..
tak beberapa lama seorang gadis muda dengan dandanan sederhana naik ke atas bus..duduk disebelahku..
bahasa tubuhnya menunjukkan kegelisahan..raut mukanya tampak bingung..
selang beberapa detik..dia bergerak kedepan menuju ke tempat duduk sopir..bertanya dia harus turun dimana kalau hendak menuju LIA jl pramuka..detik berikutnya dia kembali duduk disebelahku, menunjukkan raut muka kurang puas atas jawaban sopir bus..
aku perhatikan sejenak gadis muda tersebut, dengan niat tulus ingin membantu kesulitannya..
rupanya dia menuju ke sebuah SMP didaerah pramuka yang lokasinya ada diseberang LIA, dia dalam keadaan tergesa-gesa, waktu sudah menunjukkan pukul 6.15, sementara dia harus berada di SMP tsb pkl 07.00 untuk mengikuti ujian UT..dia belum pernah ke lokasi tsb karena dia tinggal di Depok..aku pernah tinggal di jl pemuda selama kurang lebih 5 th, aku hapal betul daerah sekitar itu...
hingga akhirnya aku turun di jembatan jatinegara dengan perasaan lega, setelah memberikan petunjuk arah kepada gadis muda tersebut..
sedikit perasaan takabur muncul dihatiku, hari ini aku merasa bahagia karena sudah sedikit bisa berbuat baik, minimal sedikit berguna buat orang lain..aku merasa bangga dengan diriku sendiri..
hari itu aku lewati dengan rutinitas sebagaimana mestinya..
sampai akhirnya...sehabis sholat dzuhur aku berbaring sebentar di musholla..berencana ke rumah seorang teman di jl raden saleh..
aku akan lewat jl pemuda, jl pramuka..astaghfirullah..tiba-tiba aku teringat gadis muda yang ada di bus tadi pagi..
aku sudah memberikan petunjuk yang salah..entah kenapa otakku yang aku pikir sangat segar pagi itu, ternyata error..
entah mengapa aku menganjurkan dia turun di prapatan rawamangun..naik metromini 46 / 49..
kenapa tidak aku anjurkan dia turun di perempatan pemuda, dari situ tinggal naik bus sebentar..
ya Allah maafkan hamba..aku tidak membayangkan gadis tsb dalam keadaan terburu-buru harus berada ditempat yang belum terlalu dia kenal, dan sedikit lebih jauh dari dari lokasi yang dia tuju..
aku cuma bisa berharap,mudah-mudahan gadis tersebut tidak terlalu percaya kepadaku.. dan dia kembali bertanya kepada orang lain, sehingga dia bisa mendapatkan petunjuk arah yang benar, dan bisa tepat waktu di tempat ujian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar